Resolusi Masa Kini: Pendidikan Bagi Para Orang Tua - KEMBALIKAN
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resolusi Masa Kini: Pendidikan Bagi Para Orang Tua

Pendidikan adalah komponen yang sangat penting dalam aspek kehidupan. Pendidikan itu sendiri, secara umum merupakan usaha untuk mewujudkan suasana pembelajaran dengan mengembangkan potensi diri baik dalam akademik maupun non-akademik. 
Pendidikan Bagi Para Orang Tua
Tidak hanya itu, pendidikan juga dapat mengembangkan pemahaman dan membuat seseorang berfikir kritis, berwawasan luas karena tuntutan rasa ingin tahu dan merupakan langkah yang tepat untuk menghadapi tantangan globalisasi saat ini.

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pendidikan memang masih rendah. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya anak yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. 

Mereka berfikir cukup dengan lulusan SLTA saja. Sebagian dari mereka memilih mengisi usia mudanya untuk bekerja bahkan menikah muda dengan mengabaikan hak mereka untuk belajar. Tak hanya soal alasan tidak adanya biaya tetapi juga tidak adanya dorongan orang tua, dan tak sedikit dari mereka menjadi putus harapan.

Baca juga: Membuka Rumah Baca

Dorongan orang tua dalam berlangsungnya pendidikan pada anak sama halnya penting juga. Jika orang tua masih berfikir bahwa pendidikan itu hanyalah untuk mendapatkan ijazah, maka itu salah. 

Pendidikan tidak hanya tentang sekolah atau madrasah, tetapi lebih ditekankan dalam pemahaman dan dituntut untuk pengalaman dari apa yang telah didapatkan. Apabila sebagian orang tua masih berfikir seperti itu, maka pantas saja jikalau tidak ada dorongan motivasi pada anak. 

Pola pikir anaknya pun tidak anak jauh berbeda dari mereka, “Buah tidak akan jatuh, jauh dari pohonnya” dan peribasa itu masih berlaku.

Maka daripada itu, resolusi masa kini adalah memberikan pendidikan non-formal bagi para orang tua milenial. Hal tersebut dapat mengubah pola fikir mereka. Pola fikir yang salah ini akan hilang sedikit demi sedikit, dengan pemberian pemahaman yang mendalam tentang arti pendidikan yang sesungguhnya. 

Karena menjadi orang tua milenial dibutuhkan wawasan yang luas yang bertugas sebagai motivator utama dalam pendidikan anak. Karena anak merupakan bibit-bibit generasi penerus bangsa yang diharapkan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta dalam bidang-bidang lainnya. Demi memajukan bangsa di era 4.0 sekarang ini.

Penulis:
Windy Sri Yuliani (MA Bani Abi Bakar Bungbulang)

Posting Komentar untuk "Resolusi Masa Kini: Pendidikan Bagi Para Orang Tua"