Manusia dan Potensinya - KEMBALIKAN

Manusia dan Potensinya

Pengenalan diri dalam kehidupan merupakan hal terpenting yang paling mendasar untuk kita bisa membentuk sebuah pribadi yang berkarakter. Sebab, dengan pengenalan diri yang baik, memungkinkan kita untuk bisa mengenali potensi yang ada di dalam diri kita. 
manusia dan potensinya

Potensi berasal dari kata “to potent” yang artinya kekuatan atau power. Menurut Dr. Buchari Zainun, MPA,  Potensi adalah “daya” yang bersifat positif dalam bentuk kekuatan dan negatif dalam bentuk kelemahan. Potensi diri juga dapat di artikan sebagai kemampuan yang ada pada diri manusia baik berupa fisik maupun mental. 

Jika kita mampu mengetahui potensi yang ada di dalam diri kita, maka hal tersebut merupakan satu langkah kecil untuk kita melakukan perubahan yang besar. Karena pada dasarnya sebuah perubahan yang besar haruslah kita awali dengan hal-hal kecil yang mampu merubah terhadap diri maupun sikap kita. 

Dalam proses untuk kita dalam mengenali potensi yang ada pada diri kita, memanglah tidak mudah, hal pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah pengetahuan mendasar tentang apa itu potensi diri. 



Ada beberapa cara untuk kita dapat mengenali potensi pada diri kita salah satunya ialah dengan cara mengenyam pendidikan di bangku sekolah. Karena sejatinya sekolah merupakan lembaga yang memiliki fungsi untuk mendidik diri, mental, kepribadian siswa, dan pembangun karakter agar siswa mampu menempatkan potensi diri pada tempat yang setepat-tepatnya. 

Dengan kita mengenyam pendidikan di bangku sekolah, maka kita akan mampu mengenali potensi yang ada pada diri, kita bisa mengembangkannya dan bilamana di tunjang dengan sarana dan prasana yang baik maka akan tercapailah kesuksesan yang kita tuju. 

Jadi, dapat kita ketahui bahwa mengenali potensi diri dan mengenyam pendidikan di sekolah merupakan sebuah kombinasi dan perpaduan yang sangat penting untuk kita dapat kita mencapai kesuksesan yang ingin kita capai. 

Penulis:
Ilyas Abdul Malik (SMA IT Al Falah)

Belum ada Komentar untuk "Manusia dan Potensinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel