Ujian Nasional Resmi Dihapus, Apa Penggantinya? - KEMBALIKAN

Ujian Nasional Resmi Dihapus, Apa Penggantinya?

Ujian Nasional merupakan salah satu isu dalam bidang pendidikan yang hangat diperbincangkan dari tahun ke tahun. Apalagi seiring dengan pergantian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, ragam wacana soal Ujian Nasional selalu muncul ke permukaan publik. 

Mulai dari Pak Anies Baswedan (Mendikbud 2014-2016) yang menjadikan UN bukan lagi sebagai syarat kelulusan karena sekolah diberikan kewenangan penuh untuk menentukan kelulusan. 

Kemudian sempat muncul wacana moratorium Ujian Nasional pada masa Pak Muhadjir Effendy menjadi Mendikbud 2016-2019. Hingga kini Mendikbud baru, Pak Nadiem Makarim, yang mengevaluasi total pelaksanaan UN dengan cara dihapuskan.


ujian nasional resmi dihapus

Ya, Ujian Nasional telah resmi dihapus mulai 2021 dan tahun depan, 2020, akan menjadi yang terakhir kalinya pelaksanaan UN.

Hal tersebut disampaikan oleh pak Nadiem dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Rabu (11/12/2019)

Materi UN yang cenderung padat sehingga siswa hanya berfokus pada hafalan materi bukan kompetensi yang menjadi dasar pertimbangan pak Menteri dalam penghapusan UN. Selain itu, menurutnya UN yang di gelar di akhir jenjang sekolah banyak membuat siswa cenderung stress. [1]


Lalu apa pengganti dari Ujian Nasional?

Ujian Nasional tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter tidak dilaksanakan pada akhir jenjang, namun di tengah jenjang, misalnya saat kelas 4 SD bukan kelas 6 SD, kelas 8 SMP bukan kelas 9 SMP, juga kelas 11 SMA bukan kelas 12 SMA. [2]

Alasannya supaya guru memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan hasil sebelum siswa lulus pada jenjang itu. Selain itu, asesmen di tengah jenjang diterapkan agar tak ada lagi ujian akhir yang menjadi beban siswa dan orangtua.

Arah kebijakan asesmen ini mengacu pada Program Penilaian Pelajar Internasional (Program for International Student Assessment/PISA) 

Bagaimana nih menurut pendapat para pembaca mengenai kebijakan penghapusan Ujian nasional ini? Apakah setuju atau tidak?

Mari berdiskusi di kolom komentar dibawah.

Penulis: Dzikri Khasnudin

Referensi:
  1. Safir Makki. 2019. Nadiem Hapus Ujian Nasional Mulai 2021. Diakses dari CNN Indonesia pada 11 Desember 2019.
  2. Rahel Narda Catherine. 2019. Ujian Nasional Dihapus Mulai 2021, Penggantinya Digelar untuk Kelas 4-8-11. Diakses dari DetikNEWS pada 11 Desember 2019.
Baca juga artikel menarik lainnya:

2 Komentar untuk "Ujian Nasional Resmi Dihapus, Apa Penggantinya?"

  1. Satuju min, mengenai penggantinya mudah2an assemen itu bagus biar siswa tau bakatnya dimana dan bisa melatih kreatifitasnya agar tidak ada lg yg bingung pilih jurusan di perguruan tingginya. Apalagi sampai ada yg salah jurusan. Oh no!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curiga salah satu korban salah jurusan nih kang, hahaha.
      Yang jelas, semoga kebijakan ini membawa perubahan yang lebih baik ya kang.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel