Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Unggulan ke Luar Negeri - KEMBALIKAN

Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Unggulan ke Luar Negeri

Punya mimpi mendapatkan beasiswa unggulan ke luar negeri di kampus ternama? Semua itu akan jadi kenyataan jika kamu melakukan tips dan langkah konkrit untuk mewujudkan impian tersebut. 

Ternyata, untuk mendapatkan beasiswa bergengsi seperti LPDP atau beasiswa DIKTI lainnya tak cukup hanya dengan kemampuan akademik, kamu juga harus tau bagaimana trik jitu orang yang berhasil kuliah di universitas ternama luar negeri.

Kuliah di luar negeri bukan  semata-mata gengsi, tapi juga soal pengalaman yang tak akan kamu dapatkan di dalam negeri. Belum lagi kualitas kelengkapan fasilitas dan lingkungan belajar yang lebih kondusif, tentu ini akan menjadi point plus buat kamu.

Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Unggulan ke Luar Negeri

Ini Dia Tips Mendapatkan Beasiswa Unggulan ke Luar Negeri

Tak semua orang mampu kuliah ke luar negeri dengan biaya sendiri, solusinya adalah dengan mencoba keberuntungan di beasiswa unggulan yang dikeluarkan pemerintah. 
Beasiswa terbaik yang dicari orang adalah yang mencover semua biaya, bahkan biaya hidup dan keluarga yang dibawa dalam jumlah tertentu. Untukmu yang ingin mendapatkan ini, silahkan simak tipsnya.

1. Menguasai Bahasa Inggris

Ini modal pertama yang harus kamu siapkan sebelum melamar beasiswa unggulan ke luar negeri. Kemampuan TOEFL harus di atas 550 dan angka IELTS 6,5. 
Jika TOEFL masih selalu rendah, jangan dulu bermimpi mendapatkan beasiswa terbaik untuk kuliah di luar negeri. Kamu bisa kursus lebih lama di Pare atau lembaga-lembaga kursus yang kredibel lainnya.

2. Menemukan Universitas yang Dituju

Sangat penting kamu ketahui, beasiswa unggulan kuliah luar negeri atau dalam negeri biasanya mengutamakan pemberian beasiswa bagi mereka yang sudah diterima disebuah universitas yang dituju.

Cara menemukan universitas ini cukup mudah. Kamu bisa mengunjungi situs online universitas tersebut dan berkirim email bahwa nantinya kamu akan kuliah di kampus tersebut setelah aplikasi beasiswa sudah diterima. 

Saat ini sedang proses pengajuan? Pastikan juga persyaratan secara akademik kamu diterima di kampus tersebut. 

Beberapa hal yang harus dipenuhi seperti bahasa Inggris, nilai akademik, administrasi, fee dan sebagainya. 

Setelah itu barulah kamu mendapatkan  Letter of Offer (LO) atau Letter of Acceptance (LoA). Berkas inilah yang nanti akan sangat menentukan pihak pemberi beasiswa unggulan yang kamu ajukan.

3. Memiliki Universitas Beking

Saat mengajukan beasiswa unggulan ke luar negeri, sebaiknya kamu juga sudah memiliki universitas beking yang siap menjadikan kamu dosen setelah lulus nanti. 

Dengan adanya universitas beking ini, pihak pemberi beasiswa akan semakin yakin beasiswa yang diberikan akan langsung bermanfaat.

Biasanya syarat yang diminta berupa surat rekomendasi dari dekan/rektor universitas terkait. 

Akan lebih baik jika kamu mendapatkan rekomendasi dari universitas negeri, tetapi jika tidak ada universitas swasta pun bisa jadi alternatif. 

Jangan lupa juga mengisi surat pernyataan dari pemberi beasiswa untuk bersedia ditempatkan di kampus manapun yang diminta.

4. Mengajukan Lamaran Beasiswa

Jangan lupa memantau jadwal pembukaan beasiswa unggulan yang biasanya dibuka rutin setiap tahun. 

Pastikan semua persyaratan yang diminta kamu miliki dengan menyertakan beberapa persyaratan di atas.

5. Menulis Essai untuk Beasiswa

Salah satu persyaratan yang diminta dan cukup menentukan lolos tidaknya lamaran beasiswa adalah penulisan esai. Biasanya pelamar akan diminta menulis esai dengan tema tertentu.

Rahasia keberhasilan menulis esai untuk beasiswa unggulan ke luar negeri adalah soal keunikan. Kamu harus kenal terhadap dirimu sendiri sehingga bisa menampilkan hal yang unik dan lebih personalisasi.

Tampilkan lead yang unik dengan cerdas, misalnya dengan kutipan kata-kata bijak yang menarik perhatian. Pahami tema dan buat dirimu seeksklusif mungkin dalam tema tersebut. 

6. Informasi dan Jaringan

Mencari beasiswa unggulan ke luar negeri juga butuh informasi dan jaringan rekan yang mendukung. 

Informasi beasiswa bisa kamu dapatkan dari dosen, alumni, senior dan sebagainya. Jaringan rekanan seperti ini harus kuat kamu miliki untuk mendapatkan update info beasiswa terkini.

7. Lembaga Konsultan Kuliah ke Luar Negeri

Jika masih bingung juga memahami bagaimana tips mendapatkan beasiswa unggulan kuliah ke luar negeri, kamu bisa mendaftar di lembaga kursus dan konsultasi kuliah ke luar negeri. 

Di sini biasanya selain berkonsultasi, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Termasuk juga mendapatkan informasi lengkap mengenai kondisi kampus yang kamu tuju, gambaran biaya, dan sebagainya. 

Informasi lengkap dan bimbingan bisa kamu dapatkan dari lembaga tersebut, termasuk juga peluang beasiswa unggulan yang bisa kamu dapatkan. Tetapi kamu harus mengeluarkan biaya untuk bergabung dengan lembaga konsultasi tersebut.

8. Bergabung dengan Grup atau Komunitas

Informasi di era social media saat ini cukup mudah diakses. Bergabunglah dengan komunitas atau grup-grup penerima beasiswa unggulan baik dalam maupun luar negeri. 
Dengan cara ini kamu dapat memperoleh informasi update terkini dan peluang-peluang yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. 

Mendapatkan beasiswa merupakan rezeki yang harus disyukuri. Tidak semua orang bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, saat sudah mendapatkan beasiswa tersebut, maksimalkan dengan sebaik mungkin, bukanlah untuk berbangga atau sombong. 

Sikap rendah hati harus diiringi dengan kontribusi nyata di dunia pendidikan. Terutama setelah lulus dan kembali ke tanah air. Dengan begini beasiswa unggulan yang kamu dapatkan akan benar-benar bermanfaat bagi dunia pendidikan di tanah air.

0 Response to "Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Unggulan ke Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel