KEMBALIKAN Goes To School & Education Fair 2019 - KEMBALIKAN

KEMBALIKAN Goes To School & Education Fair 2019

Dalam kajian sosiologi, korelasi positif antara pendidikan dengan kesejahteraan, dan lebih lanjut lagi dengan peradaban, sudah tak diragukan. Bahkan dalam diskursus mengenai kemajuan suatu negara, yang diukur berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), daya jangkau masyarakat terhadap pendidikan menjadi variabel penunjang, setelah tingkat kesehatan dan pendapatan.

Berdasarkan kenyataan di atas, maka menjadi wajar apabila pendidikan kini menjadi salah satu fokus utama pembangunan negara. Alokasi 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yang jauh mengalahkan persentase alokasi untuk aspek pembangunan lain merupakan bukti komitmen negara atas hal tersebut.

Dari alokasi sebesar itu, demi peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan, pemerintah menyisihkan sebagiannya untuk pos anggaran beasiswa, termasuk beasiswa perguruan tinggi. Adapun wujud dari hal itu lazim disebut program beasiswa Bidik Misi.

Sebelum program beasiswa Bidik Misi ini hadir, mayoritas masyarakat, khususnya di Garut Selatan, menyatakan bahwa biaya kuliah yang mahal adalah kendala utama mereka sehingga hanya mampu menyekolahkan anak-anaknya sampai jenjang sekolah menengah saja.

Namun demikian, setelah program beasiswa ini hadir pun, nyatanya hal tersebut masih sama halnya. Dalam arti, sebagian besar masyarakat, lebih memilih untuk mendorong anak-anaknya agar langsung bekerja dan/atau menikah.

Merespon kondisi di atas, maka kami selaku Keluarga Mahasiswa Bungbulang Peduli Kandangwesi (Kembalikan), yang berkecimpung dalam upaya memajukan kehidupan masyarakat di kampung halaman yakni Garut Selatan, berinisiatif menyelenggarakan program Education Fair (Edufair). 
KEMBALIKAN Goes To School & Education Fair 2019

Education Fair (Edufair) adalah program rutin tahunan yang telah diselenggarakan sejak KEMBALIKAN berdiri pada tahun 2011, terdiri dari serangkaian acara terpadu yang bermuara pada satu tujuan untuk meningkatkan jumlah siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat di Garut Selatan yang melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.

Inti dari program ini adalah sosialisasi tentang mekanisme registrasi dan penyebarluasan informasi Program Studi di Perguruan Tinggi, baik yang dikelola oleh negeri maupun swasta. 

Selain itu, diselipkan pula dua hal. Pertama, sosialisasi mengenai tata cara dan trik untuk mendapatkan beasiswa, baik yang berasal dari instansi pemerintahan maupun yang berasal dari swasta. Kedua, mengenai pentingnya memilih program studi yang sesuai dengan bakat dan minat. Hal ini didukung dengan program Tes Minat Bakat yang melibatkan ahli dalam bidang psikologi pendidikan.


Semua hal di atas, agar mampu dicerna dengan mudah dan mengasyikan, dikemas dalam satu rangkaian acara yang komunikatif, artistik dan meriah dengan paduan musik, tari, teater, serta sastra sebagai pengisi acara.

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan motivasi siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat di Garut Selatan untuk melanjutan studi ke Perguruan Tinggi.
  2. Memberikan informasi tentang Perguruan Tinggi kepada siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat yang berada di Garut Selatan

Dengan diadakannya kegiatan ini, kami berharap siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat di Garut Selatan memiliki pemahaman tentang tata cara masuk, beserta informasi jurusan, prospek kerja, hingga beragam Beasiswa di Perguruan Tinggi.

Waktu dan Tempat

KEMBALIKAN Goes To School akan dilaksanakan pada 11-17 Januari 2019, sedangkan acara puncak Education Fair 2019 akan diselenggarakan di Alun-alun Kecamatan Bungbulang pada 20 Januari 2019.

Dalam kegiatan ini, kami mengusung tema "Sinergi untuk Kandangwesi yang Masagi" dengan harapan, KEMBALIKAN bisa senantiasa memberikan inovasi dan berkolaborasi demi terciptanya insan akademis, pencipta dan pengabdi yang bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat Kandangwesi yang adil dan makmur. 

Berawal dari niatan tulus, kami bertekad untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan harapan sehingga mampu menjadi pelecut semangat bagi para generasi muda Garut Selatan untuk mampu mengenyam pendidikan tinggi, menjadi tunas-tunas bangsa yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat, demi membangun Indonesia yang sejahtera. Semoga Tuhan senantiasa memberikan rahmat dan ridha-Nya dalam setiap langkah kebaikan yang kita lakukan. Aamiin.

0 Response to "KEMBALIKAN Goes To School & Education Fair 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel