Sukses Tanpa Pacaran - KEMBALIKAN

Sukses Tanpa Pacaran

Kembalikan.org - Masa muda merupakan masa yang indah. Di mana pada masa ini kita mencari jati diri dan juga penuh keingintahuan. 

Pada zaman ini, globalisasi mulai menyebar dengan cepat. Sehingga perlu adanya filtrasi terhadap globalisasi agar dampak negatifnya dapat diminimalisir. Telah banyak remaja yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Penyebab pergaulan bebas itu sendiri ialah kurangnya pengawasan dari orang tua serta sikap yang berlebihan dalam berhubungan pacaran. Tidak bisa dipungkiri, hampir 99% remaja telah merasakan yang namanya pacaran. Keadaan remaja yang mulai rusak, bisa menjadi penghancur negeri sendiri.

sukses tanpa pacaran

Mengenai pacaran, banyak teman yang melontarkan pertanyaan pada saya, "kenapa kamu belum punya pacar?"

Bahkan ada kejadian yang membuatku tertawa, saat itu saya bertemu dengan teman lama. Mereka kelihatannya sangat senang bertemu dengan saya, sampai-sampai ada teman yang mencubit-cubit pipi. Lalu, teman itu berkata, " Pastinya sekarang kamu udah punya pacar ya.."

Ucapan yang tak disangka, keluar dari mulutnya. Saya mendadak terdiam dan tak kuat ingin ketawa, "Belum, hehe.."

"Masa, kamu kalah sama dia?" tuturnya sambil menunjuk gadis kecil yang umurnya lebih muda, tapi dia telah bergincu merah.

Mendengar perkataannya saya hanya tersenyum, saya tak malu kalah sama gadis kecil soal bercinta. Tapi saya malu bila kalah dalam berilmu dan berkarya.

Tidak mau pacaran bukan berarti tidak pernah tertarik pada seseorang atau lawan jenis, saya juga punya hati. Tapi saat ini saya memilih untuk fokus dalam menggapai cita-cita, membahagiakan orang tua serta mengabdi pada bangsa, nusa dan agama. 

Baca juga: Memanfaatkan Fanatisme

Menurut saya, menjalani masa remaja tanpa pacaran merupakan alternatif yang baik untuk menghindari segala sesuatu yang dapat mengancam diri. 

Dalam ajaran agama pun, pacaran tidak diperbolehkan karena besar sekali dampak negatif yang akan diterima.

Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dari orang tua serta motivasi untuk memberikan pengertian betapa pentingnya harga diri dan kehormatan seorang remaja untuk lingkungan dan keluarga. Tidak sedikit remaja yang memiliki cita-cita menjadi orang sukses. Namun, cita-cita tersebut hanya menjadi kenangan setelah mereka mengenal dunia pacaran.

Ketika pacaran telah mencemari kehidupan remaja, angka pendidikan remaja semakin menurun.

Korban pergaulan bebas, tidak punya mental yang kuat lagi untuk melanjutkan pendidikan karena malu dengan cemoohan teman-teman dan orang sekitar. Tingkat pengangguran dan angka kemiskinan pun akan semakin meningkat.

Remaja yang telah berpacaran tingkat kefokusan dalam belajarnya akan semakin menurun dan terpecah belah kemana-mana, karena selalu memikirkan urusan dengan pacarnya.

Kita patut mencontoh seorang bapak yang pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang ke-29. Siapa lagi kalau bukan Pak Anies Baswedan. Semasa muda, Pak Anies memilih jalan yang keren dan jauh dari kata galau.

Waktu masa mudanya beliau gunakan untuk melakukan hal-hal yang produktif, sampai tidak pernah pacaran. Demi kesuksesan di masa depan, yang saat ini sudah dibuktikan. Masa remajanya Pak Anies dipenuhi dengan kegiatan organisasi yang membuatnya memiliki pemikiran yang jauh lebih berkembang dibanding remaja lain yang seusianya kala itu.

Baca juga: Untung Rugi Mengetahui

Bahkan sampai menginjak bangku kuliah, Pak Anies tidak pernah pacaran. Ya, karena beliau terlalu sibuk berkegiatan.

"Saya katakan alhamdulilah tidak punya pacar, tidak pacaran.
Saya pacaran sekali saja, dan sekarang jadi bekas pacar saya," ucap Pak Anies.

Kita sebagai generasi muda harus bisa menjaga diri agar tidak rusak. Jangan dulu pacaran, mendingan kita pupuk diri kita dengan ilmu. 

Kita fokuskan tujuan, untuk menggapai kebahagiaan di masa depan. Kita harus menjadi penerus bangsa yang cerdas, beriman dan bertakwa. Sebab takwalah yang kan menjadi benteng generasi muda di era millenial ini.

Mari kita gunakan masa muda untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.
Yuk, kita gapai mimpi dan menjadi orang sukses tanpa PACARAN!!

Penulis: Atin Supartini

0 Response to "Sukses Tanpa Pacaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel