Melangkah Penuh Percaya Diri Dengan "Sandal Kandangwesi' - KEMBALIKAN

Melangkah Penuh Percaya Diri Dengan "Sandal Kandangwesi'

sandal kandangwesi

“Produk lokal, kualitas handal”. Itulah slogan yang diutarakan oleh pengrajin sandal kulit di Kecamatan Bungbulang, Ate Fadil.

Berbekal keterampilan yang diperoleh secara otodidak, ia mampu memproduksi sandal sejak 2003 silam. Sandal yang ia produksi beragam, mulai dari jenis sandal spon, sandal gunung, sandal sintetis hingga sandal kulit asli untuk pria dan wanita, baik anak-anak  maupun dewasa.

Berbeda dengan produsen sandal lain yang hanya memproduksi sandal secara langsung jadi, Ate mempersilakan pelanggannya untuk memesan desain sandal sesuai yang mereka inginkan. 

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 20.000 -  Rp. 250.000, sandal hasil produksi Ate yang diberi merk KANDANGWESI ini kini sudah tak asing bagi masyarakat Garut Selatan, karena kualitasnya yang awet dan nyaman, serta berbagai model dan gayanya yang selalu mengikuti perkembangan zaman. 

“Sandal-sandal ini saya produksi di rumah. Pemasarannya sejauh ini saya lakukan di dua tempat. Pertama, di outlet saya di Cibarengkok. Kedua, di kios saya di Pasar Bungbulang”, ujar Ate menjelaskan. 
sandal kandangwesi

Dalam sehari, Ate bisa menghasilkan 3-5 sandal. “Yang terpenting dalam hal ini adalah keterampilan serta ketekunan dalam tiap jengkal tahapnya. Dua hal inilah yang membuat saya kerap kesulitan mencari mitra kerja, hingga harus mendatangkan orang-orang khusus dari luar Bungbulang”, lanjut Ate.  

Ate mengaku terkejut dengan perkembangan usahanya kini. “Ya meski tak sementereng merk sandal lain, tapi bagi saya yang memulainya sejak berhenti kuliah karena kekurangan biaya, setidaknya dengan sandal-sandal ini saya bisa hidup mandiri”, terang Ate yang pernah duduk sebagai mahasiswa Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut ini.  

Ke depan, seiring beragam kemajuan yang diperoleh, ia berharap agar orang- orang Bungbulang bisa menciptakan karya atau lapangan kerja, minimal untuk dirinya sendiri dan selebihnya untuk orang Bungbulang yang lain, agar mereka bisa sejahtera, tanpa perlu pergi jauh-jauh ke kota atau bahkan luar negeri.

Artikel menarik lainnya:
1. Humajuang: Produk Jajang yang Harumkan Nama Bungbulang
2. Belajar Bahasa Inggris dan Calistung, Kini Cukup Ke Ciburial
3. Warung Ubed, Kafe Termantap Se-Bungbulang Raya

1 Response to "Melangkah Penuh Percaya Diri Dengan "Sandal Kandangwesi'"

  1. The third piece of this custom shoe story is simply the do-it customization units and brief tennis shoe decals. golden goose sale

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel