Bersama Raksa Bumi, Mari Bangun Kandangwesi - KEMBALIKAN

Bersama Raksa Bumi, Mari Bangun Kandangwesi

Assalamualaikum Wr.Wb. 

Bapak-Ibu se-Kandangwesi Raya, Yayasan Raksa Bumi Kandangwesi (Rabuka) didirikan pada tahun 2016 oleh 4 orang yang berasal dari Kecamatan Bungbulang, Garut, yakni Sdr. Dadang S.Pd, Sdr. Kamal Bahtiar S.Pd, Sdr. Ayi Hadiyat S.Pd.I, Sdr. Rahman Karyadi S.Pd dan Sdr. Yoga Prayoga. 

Tujuan pendirian Yayasan ini adalah untuk memfasilitasi beragam inovasi dan kolaborasi dalam rangka memberikan kemajuan bagi masyarakat di wilayah Kandangwesi, atau yang secara administratif kini terdiri dari beberapa kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yakni Kecamatan Bungbulang, Kecamatan Mekarmukti, Kecamatan Caringin, Kecamatan Pakenjeng dan sekitarnya. 

Selama beberapa tahun terakhir, Yayasan Rabuka telah menggelar beberapa program dan/atau kegiatan, di antaranya : 
  1. Teras Cerdas : Pendirian Taman Baca yang kini tersebar di 10 lokasi sekitar wilayah Kandangwesi
  2. Literary Festival : Festival Literasi setiap satu tahun sekali berisi ragam perlombaan eduktif guna meningkatkan minat baca anak
  3. Beasiswa Yatim dan Dhuafa : Bantuan Pendanaan bagi putera-puteri Kandangwesi yang hendak melanjutkan sekolah ke tingkat Sekolah Menengah Atas yang disertai dengan pemberdayaan ekonomi bagi kedua orangtuanya masing-masing
  4. Temani Petani : Program pendampingan usaha plus pembagian benih padi unggul kepada petani di Kandangwesi. Setelah lebih dari 2 tahun berjalan, kini ada puluhan petani yang berhasil menikmati panen berlimpah sejumlah lebih dari 1-2 Ton per Hektar per musim tanam. Atau dengan kata lain, memperoleh tambahan pendapatan sejumlah Rp. 6 - 12 juta per musim tanam dibanding biasanya. 
Selain itu, bersama Keluarga Mahasiswa Bungbulang Peduli Kandangwesi (KEMBALIKAN), kami juga rutin menggelar Education Fair (Edufair) & Super Camp dalam rangka meningkatkan jumlah pemuda-pemudi Kandangwesi yang mengenyam pendidikan tinggi. 



Sekian tahun berjalan, Alhamdulillah, jika jumlah mahasiswa Kandangwesi pada masa lalu bisa dihitung oleh jari, kini telah mencapai ratusan orang per tahun,  tersebar di berbagai perguruan tinggi, mulai dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Soedirman (UNSOED), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Siliwangi (UNSIL), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lain seterusnya yang tak dapat kami sebutkan satu per satu. 

Namun demikian, hal-hal di atas hanyalah anak tangga perantara menuju puncak dari semua cita-cita kami yang sesungguhnya, yakni membangun suatu kawasan Agro-Techno Park (Taman Teknologi Pertanian) yang terintegrasi dengan Pesantren Yatim dan Dhuafa. 

poster yayasan raksa bumi kandangwesi

Adapun yang melatar-belakangi cita-cita ini adalah fakta bahwa di wilayah Kandangwesi masih banyak sumber daya manusia yang termasuk kategori Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih, dibanding Sumber Daya Manusia yang Terdidik dan Terlatih. 

Kelak dengan adanya Agro-Techno Park ini kami berharap bahwa secara rutin setiap bulan, kami bisa menggelar beragam Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Kandangwesi dan memicu pertumbuhan ekonomi dengan beragam program, mulai dari Budidaya, Ternak, Industri Kecil-Menengah hingga E-Commerce secara modern dengan mengintegrasikannya dalam suatu kemitraan bersama Perguruan Tinggi penghasil inovasi.

Sebagai contoh, program / kegiatan Diklat yang dimaksud antara lain :
  • Diseminasi Benih Unggul, mulai dari Padi, Buah-Buahan dll guna Menunjang Kemandirian Pangan serta Peningkatan Kesejahteraan Petani
  • Ternak Ikan dengan Teknologi Booster
  • Persemaian Benih hingga Diversifikasi Produk Aren guna menunjang sektor Agro-Forestry atau kegiatan Pertanian yang bersanding serasi dengan Pelestarian Lingkungan 
  • Budidaya Tanaman berorientasi Ekspor mulai dari Porang, Stevia, Tin, Zaitun dll
  • Pengolahan Kelapa, Kopi, Akar Wangi, Jahe dll menjadi Produk Bernilai Tambah Berorientasi Ekspor
  • Ternak Ikan, Domba, Sapi dll dengan Teknologi Fooder System serta Metode Produksi Pakan Alternatif yang Murah dan Ramah Lingkungan 
  • Pengolahan beragam Daging oleh UMKM sebagai Pengganti Produk Olahan Daging Pabrikan
  • Pembuatan Blog, Website hingga Pemasaran Produk via E-Commerce guna Menunjang Pemanfaatan Potensi Ekonomi dari Sektor Digital

Adapun sumber pembiayaan bagi beragam program DIKLAT tersebut, tidak lain berasal dari hasil usaha mandiri di bidang pertanian, peternakan, Agro-Industri, Ekowisata dan lain sebagainya, yang terintegrasi di dalamnya.


Sehingga, masyarakat yang kelak ikut serta dalam berbagai program / kegiatan ini, tak dikenai biaya sedikit pun. Melainkan justru disokong oleh modal yang cukup dalam mekanisme dana bergulir.

Selain untuk masyarakat luas, Santri dan Yatim-Dhuafa yang kelak bermukim di kawasan Agro-Techno Park ini juga akan memperoleh, selain IMTAQ dan IPTEK, juga beragam bekal keterampilan untuk hidup, karena telah terbiasa mengurus berbagai lini usaha yang terdapat di dalamnya tadi.



Dengan demikian pada akhirnya, dalam harapan kami, kelak manusia-manusia Kandangwesi akan menjadi manusia-manusia yang unggul. Memiliki kualitas berstandar global tanpa lepas dari kesadaran atas budaya lokal serta tetap memiliki kepedulian terhadap kondisi akar rumput/masyarakat kebanyakan

Dengan kata lain, manusia Kandangwesi masa depan yang kami cita-citakan adalah manusia yang cerdas dan peduli. Manusia yang tangannya selalu di atas, bukan justru di bawah. Manusia yang sudah selesai dengan ego dirinya sendiri. Manusia yang bermanfaat bagi orang banyak. 

Demi tujuan tersebut, kami telah memulai dengan membangun suatu usaha produktif guna mendatangkan sumber pembiayaan bagi pengadaan lahan. Sejauh ini, telah ada : 
  1. Lahan sewa atas nama Yayasan Rabuka seluas 1 Hektar yang telah ditanami kopi dan diprediksi akan mulai berbuah sejak 2020 mendatang
  2. Belasan Domba yang terus bertumbuh kembang seiring waktu
  3. Lahan milik Yayasan Rabuka seluas 10 Acre di lokasi yang strategis sebagai trigger / pemicu bagi perluasan lahan yang kelak diperuntukkan bagi Agro-Techno Park tadi
Meski demikian, kolaborasi bersama banyak pihak tentu akan membuat rencana ini bisa diwujudkan semakin cepat .

Oleh karenanya, penggalangan dana #BangunKandangwesi ini kami luncurkan, dengan beranjak dari optimisme bahwa semangat kami pasti juga merupakan semangat dari banyak orang, terutama warga Kandangwesi, baik yang sehari-hari menetap di sini maupun yang sedang berdiaspora di beragam tempat di luar sana. 

Dengan segala kerendahan hati, melalui penggalangan dana ini, kami mengajak Anda untuk bergandengan tangan, gotong royong memberi sumbangsih positif bagi kemajuan kampung halaman.

Informasi selengkapnya bisa diperoleh melalui klik di sini : #BangunKandangwesi

Wassalamualaikum Wr. Wb

1 Response to "Bersama Raksa Bumi, Mari Bangun Kandangwesi "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel