Keutamaan Ilmu (Penuntut Ilmu dan Ulama) - KEMBALIKAN

Keutamaan Ilmu (Penuntut Ilmu dan Ulama)

Di antara atsar yang menyebutkan keutamaan ilmu adalah sebagai berikut:

Dunia ini terlaknat dan terlaknat pula penghuninya kecuali orang yang mempelajari kebaikan atau mengajarkannya.
💬[Ka'ab Al-Ahbar]


Keutamaan Ilmu (Penuntut Ilmu dan Ulama)

Kebaikan adalah bagi orang yang berilmu dan orang yang belajar, sedang yang berada di antara keduanya (tidak belajar dan tidak mengajar), maka ia adalah orang hina yang tidak mempunyai kebaikan.
💬[Khalid bin Ma'dan]

Belajarlah kamu sekalian sebelum ilmu itu dicabut! Sesungguhnya ilmu itu akan dicabut bersamaan dengan dicabutnya para ulama, dan orang yang berilmu dan yang mempelajarinya memiliki pahala yang sama.
💬[Abu Darda]

"Barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan menuntut ilmu untuk menghidupkan Islam, maka antara dia dengan para Nabi adalah sama, satu derajat di surga"
💬[Al-Hasan Al-Bashri]

Ibnu Mas'ud berkata:
"Orang yang (Mukmin yang) berilmu mempunyai derajat sebanyak 700 derajat di atas derajat orang mukmin. Jarak antara satu derajat dengan derajat lainnya sejauh perjalanan 500 tahun."

Ibnu Abbas berkata:
"Sesungguhnya orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain, maka setiap hewan melata akan memohonkan ampun baginya, termasuk pula ikan paus di lautan."
📖[Mukhtasar Minhajul Qashidin: 11]

Al-Hasan berkata:
"Tidak ada orang orang yang berilmu, niscaya manusia laksana binatang."

Mu'adz bin Jabbal berkata:
"Pelajarilah Ilmu, karena mempelajari Ilmu karena mengharap wajah Allah itu mencerminkan rasa Khasyyah, mencari Ilmu adalah Ibadah, mengkajinya adalah tasbih, menuntutnya adalah Jihad, mengajarkannya untuk keluarga adalah Taqarrub. Ilmu adalah pendamping disaat sendirian dan teman karib disaat kesepian."

Abu Darda berkata:
"Orang yang berilmu dan orang yang menuntut Ilmu berserikat dalam kebaikan, selebihnya adalah manusia-manusia Bodoh yang pada mereka tidak terdapat kebaikan."

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
📚[Disalin dari Kitab Mizanul Muslim, Abu Ammar & Abu Fatiah Al-Adnani. Bab: Mizanul Ilmu; Keutamaan Ilmu (Penuntut Ilmu & ulama). Hal: 30-31]

0 Response to "Keutamaan Ilmu (Penuntut Ilmu dan Ulama)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel